10 Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Usaha

[Image: bisnisrrr_zpsf6989047.png]

Saat ini kita bisa mendapatakan banyak sekali peluang usaha, jenis usahanya pun sangat beragam. Mulai dari bisnis offline hingga bisnis online atau gabungan keduanya. Tapi sayangnya peluang usaha yang begitu banyak ternyata tidak otomatis membuat kita bisa merealisasikan sebuah usaha yang kita inginkan dengan mudah. Sebelum mewujudkan sebuah usaha kita harus melakukan tahapan dalam memilih usaha yang akan dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan sebelum akhirnya memilih menjalankan sebuah usaha:

1. Faktor Modal
Kita harus benar-benar mempersiapkan modal untuk menjalankan sebuah usaha, baik itu modal dari diri sendiri ataupun modal dari pinjaman. Pastikan modal yang kita miliki dapat memenuhi kebutuhan biaya dalam menjalankan usaha kita.

2. Faktor Tenaga Kerja
Kita harus memiliki karyawan yang memiliki kemampuan sesuai dengan yang kita butuhkan. Menempatkan orang yang tepat pada sebuah pekerjaan di dalam usaha kita akan membuat usaha tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu pertimbangkan juga keahlian yang kita butuhkan dan biaya gaji yang akan kita tawarkan pada tenaga kerja tersebut.

3. Faktor Bahan Baku
Bahan baku yang dimaksud disini adalah segala bahan yang kita butuhkan untuk menjalankan sebuah usaha, baik itu bahan baku utama maupun bahan baku tambahan. Sebaiknya kita selalu memperhatikan ketersediaan, kualitas, kontinuitas, dan biaya yang anda keluarkan untuk bahan baku tersebut.

4. Faktor Teknis
Pemilik usaha seharusnya mengetahui hal-hal teknis dalam menjalankan sebuah usaha. Jika kita tidak mengetahui atau kurang paham dalam hal-hal teknis dalam usaha kita, sebaiknya segera mencari orang yang memang memiliki keahlian untuk hal teknis tersebut.

5. Faktor Pemasaran Bisnis
Salah satu kunci utama keberhasilan sebuah usaha atau bisnis adalah proses pemasarannya. Pertimbangkan segala kemungkinan yang bisa dilakukan dalam memasarkan sebuah bisnis, kita bisa melakukannya secara offline ataupun online.

6. Faktor Keuntungan Sebuah Usaha
Tujuan dari sebuah usaha adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan walaupun mungkin tidak selalu menjadi tujuan utama. Jika kita menyadari bahwa bisnis yang akan dijalankan tidak memberikan keuntungan yang sepadan maka sebaiknya kita mempertimbangkan model usaha yang lain saja.

7. Faktor Resiko Sebuah Usaha
Dalam setiap usaha pasti memilik resiko tersendiri, dan resiko ini tentunya akan berhubungan langsung dengan kelangsungan bisnis kita. Biasanya sebuah bisnis yang memiliki resiko tinggi akan menawarkan keuntungan yang tinggi pula dan demikian juga sebaliknya.

Salah satu contoh resiko dalam berbisnis adalah ketika kita ingin menjual sebuah produk baru yang cukup menjanjikan dan kita belum memiliki pesaing dalam menjual produk tersebut, tapi kita mengambil resiko karena produk tersebut masih belum dikenal oleh masyarakat. Karena itu sebaiknya kita harus mempertimbangkan resiko dan juga memperhatikan kemampuan kita dalam menghadapi masalah yang ada ketika resiko itu benar-benar terjadi.

8. Faktor Persaingan Bisnis
Sangat mudah untuk mendapatkan pasar bila kita menjual produk yang disukai masyarakat dan kita belum memiliki pesaing. Tentunya hal ini sangat berbeda ketika kita ingin terjun pada sebuah usaha dimana kita memiliki banyak pesaing. Anda harus menawarkan keunggulan atau kelebihan kepada konsumen jika ingin memenangkan persaingan pasar.

9. Faktor Manajemen Bisnis
Manajemen yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang berkaitan dengan cara mengelola sebuah usaha. Ketahui kemampuan kita tentang manajemen bisnis sehingga kita dapat memilih sebuah usaha yang cocok.

10. Faktor Fasilitas dan Lingkungan
Faktor ini meliputi hambatan yang mungkin kita dapatkan dari masyarakat ataupun dari pemerintah. Hal ini berkaitan dengan peraturan pemerintah, perijinan usaha, kelestarian lingkungan, pajak, budaya sosial masyarakat setempat, dan lain-lain.


(eoc)

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Sugarglider Jakarta | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs