5 Tips Membangun dan Membina Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

BacaTips.ComMembangun suatu rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah merupakan impian semua keluarga Muslim di dunia. Membangun keluarga yang bahagia dan diridhai oleh Allah serta selalu mendapatkan rahmat dan hidayah-Nya sebenarnya tidak sulit seperti yang dibayangkan. Lalu, bagaimana agar keluarga yang dibangun menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah? Ada beberapa tips atau cara agar rumah tangga selalu harmonis dan juga menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah.

1.      Landasi dengan iman dan takwa kepada Allah
Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan membangun rumah tangga yaitu landasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Keimanan dan ketakwaan adalah pondasi dalam membangun keluarga yang sakinah. Ketika sedang menghadapi masalah dalam keluarga, kembalikan lagi kepada Allah dan minta petunjuk dan juga pertolongan-Nya. Membina keluarga dengan landasan keimanan dan ketakwaan tentunya akan menghasilkan generasi yang soleh dan juga solehah.
2.      Tatap masa depan dengan optimisme
Setiap orang tentunya mempunyai masa lalu baik itu baik ataupun buruk. Agar keluarga menjadi keluarga yang sakinah, sebaiknya para pasangan tidak mempermasalahkan masa lalu pasangannya. Masa lalu itu sudah terjadi dan tidak mungkin bisa diulang atau dihapuskan. Oleh karena itu, agar rumah tangga selalu harmonis jadikan masa lalu pasangannya yang buruk adalah sebuah pelajaran dan tataplah masa depan dengan optimisme.
3.      Berfikirlah objektif
Sebuah keluarga tentunya tidak terlepas dari sebuah masalah. Ketika menghadapi masalah, seharusnya kita bias berfikir dengan tenang dan juga objektif. Berikan kesempatan pada diri Anda untuk tenang dan berfikir jernih sebelum menyelesaikan konflik dengan pasangan ataupun anak-anak.
4.      Hindari campur tangan orang ketiga dalam menyelesaikan masalah
Ini merupakan tips yang paling penting, ketika terjadi masalah hindari untuk meminta tolong pihak ketiga untuk menyelesaikannya jika memang Anda dan pasangan masih bisa menyelesaikannya sendiri.
5.      Jaga kepercayaan
Menjaga kepercayaan dan saling percaya antara suami dan istri merupakan kunci untuk menjadi keluarga yang sakinah. Kecurigaan hanya akan menjadikan pemicu kecemburuan dan juga konflik yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu, pasangan harus saling percaya dan juga menjaga kepercayaan yang sudah diberikan.
Untuk membangun keluarga yang sakinah tentunya harus diawali dengan niat yang baik. Insya Allah jika kita sudah berlandaskan iman dan juga takwa kepada Allah tentunya akan diberikan kemudahan dalam menjalankan rumah tangga. Keluarga yang sakinah tentunya juga akan menghasilkan anak-anak yang baik dan nantinya akan dapat menjadi kebanggaan keluarga dan juga kebanggaan bagi umat Muslim.
Membangun dan membina keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah harus dilandasi dengan iman dan juga ketakwaan terhadap Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Sugarglider Jakarta | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs