Tomat Dapat Mengurangi Depresi

JagatPost-- Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Cina dan Jepang yang dipimpin oleh Dr Kaijun Niu dari China’s Tianjin Medical University menunjukkan, mengonsumsi tomat beberapa kali dalam satu pekan terbukti dapat mengurangi depresi.

Mereka meneliti tentang  pengaruh likopen yang terkandung dalam tomat bagi kesehatan psikologi dan fisik manusia, terutama untuk mereduksi stres.

Dikutip dari Daily Mail, penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisa catatan kesehatan mental dan pola makan sekitar seribu orang, baik pria maupun perempuan Jepang yang berusia 70 tahun ke atas.
Hasilnya, orang yang rajin mengonsumsi tomat, setidaknya dua hingga enam kali seminggu, mengalami penurunan risiko terserang depresi sebanyak 46 persen.

Sementara itu, jika mengonsumsi tomat setiap hari, dapat memangkas risiko depresi sebanyak 52 persen.
Namun dalam penelitian ini juga membuktikan, buah dan sayuran lain ternyata tidak memberikan keuntungan serupa.

Kaum usia lanjut memiliki risiko tinggi mengalami depresi karena imbas dari suasana hati. Akibat menurunnya kemampuan, kondisi fisik , serta perasaan kesepian.

Lebih dari 20 persen masyarakat dunia mengalami depresi pada titik tertentu. Dalam hal ini, kaum perempuan lebih mudah depresi dibandingkan kaum pria.

Tomat merupakan sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan likopen yang terdapat pada tomat, dapat berfungsi sebagai antioksidan yang terbukti mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit jantung. Dengan demikian, ternyata banyak manfaat tomat bagi kesehatan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Sugarglider Jakarta | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs